Intan Nurul Hikmah Ingatkan Guru PAUD di Kabupaten Tangerang Jaga Kesehatan Mental Mendidik Anak

waktu baca 2 menit
Rabu, 7 Agu 2024 14:39 0 34 Redaksi

SEPUTARBANTEN.ID – Tokoh pendidikan Kabupaten Tangerang, Intan Nurul Hikmah menghadiri pelatihan guru PAUD bertema “Kiat Jitu Menjadi Guru Yang Sehat Mental: Membangun Kenyamanan Belajar Dengan Sesuatu Yang Menyenangkan”, di GSG Kecamatan Curug, Rabu (7/8/2024).

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Di hadapan sekitar 300 peserta pelatihan guru PAUD, Intan Nurul Hikmah bicara pentingnya menjaga kesehatan mental para pendidik.

Mental guru PAUD harus stabil, karena membimbing anak-anak butuh ketelatenan dan kesabaran tanpa batas.

“Kesehatan mental para guru PAUD harus dijaga, harus stabil. Karena yang dihadapi adalah anak-anak, butuh kesabaran ekstra,” ujar Intan.

“Untuk itu dalam kesempatan pelatihan guru PAUD kali ini, kita hadirkan psikolog pendidikan, agar mental para guru PAUD tetap bisa terjaga dan stabil ketika sedang mengajar anak-anak,” imbuhnya.

Dikatakan Intan, usia anak PAUD adalah golden age. Mereka akan menyerap dan menduplikasi apa yang dilihat dan didengar. Untuk itu Intan mewanti-wanti para guru PAUD untuk mengajarkan hal-hal yang baik dan positif.

“Tanamkan nilai-nilai yang baik, terutama akhlak,” katanya.

Selain itu, Intan juga bicara pentingnya sekolah inklusi di Kabupaten Tangerang.

“Saya berharap, ke depan sekolah inklusi di Kabupaten Tangerang ada di semua jenjang. Dari PAUD sampai SLTA,” ujar Intan.

Intan Nurul Hikmah saat bersama guru PAUD Kabupaten Tangerang.

Intan Nurul Hikmah saat bersama guru PAUD Kabupaten Tangerang.

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Tangerang masa bakti 2015-2019 ini menegaskan, dirinya concern agar kuantitas sekolah inklusi di Kabupaten Tangerang terus bertambah.

“Kita akan perjuangkan agar jumlah sekolah inklusi terus bertambah,” tegasnya.

Sementara, Winy Nila Wisudawati, MPsi, Psikolog Pendidikan mengatakan, untuk mewujudkan generasi yang sehat mental, tentunya perlu disupport oleh orang tua dan juga guru sebagai lingkup lingkungan terdekat anak.

“Oleh karena itu penting bagi kita memastikan lingkungan terdekat anak sudah sehat, tidak hanya secara fisik namun juga mental. Agar lebih optimal membersamai generasi penerus bangsa di masa perkembangannya,” terangnya.

Narasumber lain yang memberikan materinya pada pelatihan tersebut adalah Kang Deden Gurame, seorang motivator dan trainer.

LAINNYA