Tim Peneliti UT dan UPI Kampus Serang Bekerjasama Gelar Penelitian Merdeka Belajar

waktu baca 2 menit
Jumat, 23 Agu 2024 16:14 0 269 Redaksi

SEPUTARBANTEN.ID — Tim peneliti dari dari Universitas Terbuka dan UPI Kampus Serang melaksanakan kegiatan penelitian dengan tema ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Sibernetik Untuk Mengoptimalkan pengembangan Dasar-dasar Literasi, Sains,  Teknologi, Rekayasa, Art, dan Matematika’.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Dikatakan, kegiatan penelitian tersebut diadakan bertempat di Taman Kanak-kanak Condrodimuko Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon.

Menurut Koordinator lapangan Encep Supriatna mengucapkan, proses penelitian dilaksanakan dengan cara wawancara kepala TK, perwakilan guru dan juga orang tua siswa.

“Observasi dilaksanakan dengan cara mengamati pra pembelajaran, proses pembelajaran dan kegiatan akhir pembelajaran, juga tidak lupa diamati karya-karya siswa serta proses evaluasi yang dilakukan,” terang Encep pada Kamis 22 Agustus 2024.

Encep Supriatna saat memberikan cinderamata kepada pihak sekolah.

Encep Supriatna saat memberikan cinderamata kepada pihak sekolah.

Adapun studi dokumentasi, Encep melanjutkan, dilaksanakan dengan cara menganalisis dokumen kurikulum merdeka dari kemendikbud, Rencana Pembelajaran Harian, dan Modul Ajar.

Kemudian, masih kata Encep, menyampaikan rasa terimakasih dan kesediaan pihak sekolah dalam memberikan data-data yang dibutuhkan.

“terimakasih atas kesediaan dan penerimaan pihak sekolah dalam memberikan data-data yang dibutuhkan serta memberikan kesempatan kepada peneliti untuk mengamati proses pembelajaran di TK Condrodimuko yang merupakan TK di Bawah Yayasan Indonesia Power unit Suryalaya Cilegon,”ujarnya.

Pada sesi akhir penelitian ditutup dengan pemberian cinderamata kepada pihak sekolah, mereka sangat bersyukur dan berterimakasih atas kedatangan tim peneliti karena mendapat masukan yang berharga terutama dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

LAINNYA