Himpunan Penerbit Jurnal Indonesia Gelar Rakernas, Ini Yang Dibahas

waktu baca 2 menit
Jumat, 31 Mei 2024 10:46 0 14 Redaksi

NASIONAL | Yogyakarta – Himpunan Penerbit Jurnal Indonesia (HIPJI) dengan bangga menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-1 dan Focus Group Discussion (FGD) Penerbit Jurnal Ilmiah di University Club (UC) Hotel UGM. Acara ini bertujuan untuk menciptakan ruang kolaborasi yang efektif di antara penerbit jurnal di seluruh Indonesia.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Ketua umum Himpunan Penerbit Jurnal Indonesia (HIPJI) Andri Putra menyampaikan, Melalui forum ini, diharapkan tercipta sinergi yang kuat untuk saling mendukung dan mengembangkan industri penerbitan jurnal di Tanah Air.

“Setelah kalimat kancah global dalam hal penelitian dan publikasi ilmiah”, ujar Andri Putra dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/5/2024).

Rakernas 1 HIPJI dan FGD Penerbit Jurnal Ilmiah bertujuan memberikan akses yang lebih mudah terhadap sumber daya manusia, pembiayaan, dan infrastruktur yang diperlukan dalam proses penerbitan jurnal.

Dengan adanya kerjasama, kolaborasi, dan pengembangan berkelanjutan, diharapkan komunitas penerbit jurnal di Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara signifikan.

Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas dan kuantitas jurnal ilmiah yang dihasilkan, tetapi juga akan memperkuat posisi Indonesia dalam kancah global dalam hal penelitian dan publikasi ilmiah.

Acara ini merupakan langkah awal yang penting dalam upaya bersama untuk mewujudkan visi dan misi HIPJI dalam mendukung perkembangan penerbitan jurnal ilmiah di Indonesia yang berintegritas.

Rakernas 1 HIPJI dan FGD Penerbit Jurnal Ilmiah ini dihadiri oleh pimpinan penerbit jurnal, praktisi, dan editor jurnal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi oleh narasumber Ir. Ahmad Syauqi Soeratno, M.M., Perwakilan Kadin Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta dan anggota DPD RI terpilih Dapil DIY periode 2024-2029.

“Kolaborasi antara KADIN dan HIPJI untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui penelitian dan publikasi ilmiah”, jelas Ahmad Syauqi

Pemateri berikutnya adalah Dr. Ide Bagus Siaputra, S.Psi., seorang praktisi penerbit jurnal ilmiah yang beberapa tahun terakhir kerap menyuarakan gagasannya tentang integritas akademik karya ilmiah.

Beliau juga saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan II Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya.

Acara Rakernas ke-1 HIPJI ditutup dengan FGD Penerbit Jurnal Ilmiah dan pemenuhan kelengkapan organisasi melalui penyusunan Dewan Komite Kualitas Penerbitan, Dewan Komite Pengembangan dan Advokasi, serta Dewan Komite Kolaborasi dan Edukasi. (Agus Suhendra)

LAINNYA