Launching PID, Bupati Irna Inginkan Semua Anak dan Balita di Pandeglang Sehat Diberikan Imunisasi

waktu baca 2 menit
Senin, 13 Mei 2024 10:48 0 11 Redaksi

SEPUTARBANTEN.ID – Dalam rangka memperingati Pekan Imunisasi Dunia (PID), Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melaksanakan Launching Pekan Imunisasi Dunia yang berlangsung di Puskesmas Cikedal, Senin (13/5/2024).

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Launching Pekan Imunisasi Dunia serentak dilaksanakan di seluruh Puskesmas wilayah Kabupaten Pandeglang dan secara simbolis Launching PID dilaksanakan di Puskesmas Cikedal.

Rangkaian kegiatan Launching Pekan Imunisasi Dunia kali ini mengambil tagline “SALASI” (SAminggu Lengkapan ImunisASI) dan dihadiri langsung oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan peringatan Pekan Imunisasi Dunia menjadi momentum tepat untuk mengejar imunisasi lengkap pada balita, dimana setiap balita harus mendapatkan imunisasi lengkap.

Menurutnya, selain itu tantangan kesehatan bagi masa depan anak-anak sangat banyak, penyakit itu bisa datang melalui virus, pola makan, lingkungan dan lain sebagainya.

“jika kita tidak mencegah sejak dini saat ini, bisa mengancam dan berbahaya bagi kesehatan anak-anak kita,” ucap Irna.

Anak yang sehat harus bebas penyakit, mempunyai status gizi yang baik, lingkungan sehat, dan mendapatkan pendidikan yang berkualitas, salah satu cara efektif untuk bebas dari penyakit diantaranya melalui upaya pencegahan dengan memberikan imunisasi dasar lengkap pada masa bayi dan kanak-kanak.

“Pemberian vaksin lengkap kepada anak-anak dan balita, dapat mencegah dan menyelamatkan masa depan anak-anak kita dari serangan penyakit, maka dari itu saya minta kepada seluruh Stakeholder agar dapat mensosialisasikan pemahaman kepada masyarakat, sehingga kesadaran akan penting dan manfaat imunisasi untuk kesehatan anak di Kabupaten Pandeglang dapat tercapai.” Jelasnya

Bupati Irna

Bupati Irna saat ikut memberikan imunisasi untuk anak dan balita.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Eniyati mengatakan program ‘Salasi’ sebagai upaya untuk memenuhi capaian pemberian imunisasi dasar lengkap bagi anak-anak di Kabupaten Pandeglang, karena dengan pemberian imunisasi dasar lengkap dapat melindungi kesehatan anak serta mencegah dari berbagai penyakit.

Ia menerangkan, pencapaian pemberian imunisasi di triwulan pertama saat ini sudah mencapai 30 persen, dan pada triwulan kedua bisa mencapai 60 persen.

Tentu saja pemenuhan target pemberian imunisasi dasar lengkap kepada balita ini perlu dukungan dari kader posyandu serta kesadaran masyarakat untuk turut serta membawa balita melakukan imunisasi dasar lengkap ke pusat kesehatan maupun ke posyandu terdekat.

“agar anak-anak tumbuh cerdas dan sehat serta pemenuhan target imunisasi dapat tercapai sesuai dengan harapan,“ terangnya.

LAINNYA