Dewan Muhammad Rizal Bersama Badan POM Sosialisasi KIE Obat dan Makanan di Banyu Asih Mauk

waktu baca 2 menit
Minggu, 13 Nov 2022 20:38 0 8 Redaksi

KABUPATEN TANGERANG, – Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI bersama Badan POM menggelar sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi, Informasi dan edukasi (KIE) obat dan makanan di Desa Banyu Asih Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, minggu (13/11/2022).

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Muhammad Rizal mengatakan kegiatan  ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang keamanan dan mutu produk obat, kosmetika, Obat Tradisional, pangan dan bahan berbahaya guna melindungi masyarakat dari produk yang beresiko terhadap kesehatan.

“Kita harus hati-hati dalam membeli obat, bila sedang sakit tidak boleh membeli obat sembarangan tanpa resep dokter, di khawatirkan bukannya menyembuhkan malah tambah parah sakitnya, lalu dari pangannya hindari makanan yang mengandung bahan berbahaya seperti  formalin, boraks, rhodamin, methanyl yellow, zat berbahaya.” jelas Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Lebih lanjut Rizal mengungkapkan bahwa selain dari itu masyarakat harus cerdas dalam menggunakan kosmetik, masyarakat harus memperhatikan legalitas, kualitas dan keamanannya, serta lihat apakah sudah ada legalitasnya ijin dari BPOM.

“Sebelum membeli produk obat, kosmetik dan makanan ingat cekKLIK cek kemasan, Cek Label, Cek Izin edar dan Cek Kedaluarsa. agar kita semua terhindar dari berbagai penyakit. Bila ingin sehat terapkan 4 sehat 5 sempurna, seperti makan sayuran, buah-buahan, dan rajin berolahraga.” ungkap Rizal

Dewan Muhammad Rizal saat berfoto bersama Masyarakat.

Dewan Muhammad Rizal saat berfoto bersama Masyarakat.

Muhammad Rizal pun berpesan kepada masyarakat agar tidak membeli obat sirup anak sembarangan, karena beberapa waktu lalu ada anak yang mengalami gagal ginjal setelah minum obat sirup sampai meninggal dunia, dan hal itu telah menjadi perhatian pemerintah.

“Maka dari itu saya berpesan kepada ibu-ibu jangan sembarangan membeli obat sirup untuk anak, harus di cek dulu, lebih baik bila anak sakit harus berobat ke puskesmas atau periksakan ke dokter, karena dosis obat itu berbeda-beda.” terang rizal

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat dan di pahami oleh masyarakat, sehingga masyarakat dapat lebih berhati-hati lagi dalam pola hidupnya tidak sembarangan, semoga kesehatan masyarakat menjadi lebih baik dan sejahtera.” harapnya

Kegiatan sosialisasi tersebut di hadiri oleh narasumber Kepala BBPOM di Serang, bapak Faizal Mustofa Kamil, Kepala Loka POM Kabupaten Tangerang bapak M.Sony Mughofir, dan Koordinator Infokom BBPOM di Serang Ibu Rhatih Eka Sasongko.

Adapun pesertanya dari berbagai elemen masyarakat, seperti dari kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, RT/RW, mahasiswa, pemuda-pemudi, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya.

LAINNYA