Rano Alfath Usulkan Ada Forum RT RW di Tangerang Raya, Begini Katanya

waktu baca 2 menit
Rabu, 27 Sep 2023 20:56 0 14 Redaksi

TANGERANG, | Anggota Komisi III DPR RI asal Tangerang Raya Moh. Rano Alfath mengusulkan dibentuknya sebuah Forum RT/RW bagi pengurus RT/RW di wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Dirinya menilai Forum tersebut diperlukan agar pengurus RT/RW memiliki wadah formal yang dapat mengakomodasi kebutuhan mereka secara politik.

“Dalam pertemuan dengan RT/RW Kelurahan Binong semalam saya sampaikan, bahwa saya kira perlu dibentuk yang namanya Forum RT/RW. Yang mana forum ini akan memiliki tujuan strategis untuk memperkuat peran politik serta meningkatkan pengakomodasian program-program yang diusulkan kepada pemerintah.

Sebagaimana yang telah terbukti dengan adanya Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) bagi kepala desa, forum ini bisa menjadi wadah yang kuat bagi para Ketua RT/RW,” tutur Rano kepada wartawan, Rabu (27/09/2023).

Legislator asal Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa itu mengungkapkan beberapa alasan penting didirikannya forum tersebut. Diantaranya adalah wadah aspirasi, peningkatan kesejahteraan pengurus RT/RW dan juga apresiasi terhadap peran penting RT/RW didalam masyarakat.

“Para Ketua RT/RW memiliki kekuatan basis yang kuat di masyarakat. Mereka adalah ujung tombak dalam menyampaikan aspirasi dan kebutuhan warga setempat. Dengan bersatunya para Ketua RT/RW dalam sebuah forum, kita dapat memastikan bahwa suara masyarakat lebih didengar dan diakomodir dalam perencanaan dan pelaksanaan program pemerintah,” kata Rano.

Selain itu, menurut Rano Alfath dengan dibentuknya forum ini mereka bisa meminta agar Pemda Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan untuk dapat mempertimbangkan kesejahteraan para pengurus RT/RW.

“Melihat kondisi APBD yang masih memiliki potensi untuk pemenuhan, seperti yang telah diterapkan di DKI Jakarta, kita dapat berjuang bersama-sama untuk memastikan bahwa peran penting Ketua RT/RW dihargai secara layak,” tambahnya.

Terakhir, legislator yang akrab disapa ‘Bang Rano’ itu mengatakan bahwa RT/RW merupakan garda terdepan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Peran Ketua RT/RW ini sangat penting, mereka adalah garda terdepan dalam menyalurkan aspirasi masyarakat mulai dari jalan rusak, orang sakit, pendidikan, dan lain sebagainya.

Menurutnya dengan adanya Forum Ketua RT/RW se-Kabupaten Tangerang, se-Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan ini diharapkan bisa menjadi masukan politik yang besar untuk menyukseskan program-program pemerintah daerah di wilayah masing-masing.

“Dapat mengusulkan program-program yang tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat supaya bisa lebih masif dan intensif” tutup Rano. (red)

LAINNYA